netbook Zyrex Sky LM1211

Ketika era netbook diramalkan akan lewat, Zyrex mencoba menggoda lewat harga.

Di tengah serbuan tablet yang semakin menggila, benarkah netbook akan tenggelam? Terlalu dini menjawab pertanyaan tersebut, namun yang pasti produsen netbook harus berbenah diri. Salah satunya dengan menonjolkan daya tarik utama netbook selama ini: harga.

Hal tersebut tercermin dari langkah Zyrex yang merilis netbok Sky LM1211 dengan harga Rp2,35 juta. Harga tersebut memang belum termasuk sistem operasi, namun tetap menjadikannya salah satu netbook paling murah saat ini.

Tampil dengan balutan warna putih, netbook ini memiliki kesan bersih. Namun risikonya, (dan terbukti selama pengujian kami), adalah mudahnya netbook ini terlihat kotor. Meski begitu, kami menyukai kualitas pembuatan netbook ini. Bahan plastik yang digunakan terasa cukup solid menerima benturan ringan. Punggung layar pun harus ditekan cukup kencang jika ingin mempengaruhi tampilan layar.

Ketika pertama kali menggunakannya, kami sempat bingung karena kesulitan menemukan tombol power yang biasanya ada di atas keyboard. Ternyata Zyrex menempatkan tombol power berukuran kecil di dekat engsel/bukaan netbook. Mungkin maksudnya supaya keren (karena tombol tersebut menyala ketika netbook aktif), namun menurut kami desain tersebut terlalu “nyeleneh”. Akan tetapi secara keseluruhan, desain netbook ini cukup bagus. Dari samping, desainnya terlihat tipis dengan area paling tebal hanya sekitar 2,2 cm. Bobotnya pun cuma 1 kg, sehingga cocok dibawa bepergian.

Keyboard-nya sendiri menggunakan desain chiclet dengan ukuran 1,5×1,5 cm dengan jarak antar tombol sekitar 3 mm. Dibutuhkan waktu bagi kami untuk menyesuaikan diri dengan ukuran sekecil itu. Namun setelah terbiasa, kami menilai keyboard tersebut terasa nyaman. Area touchpad yang dibuat bergerigi juga memudahkan kami menggerakkan kursor ke titik yang diinginkan. Kalaupun ada yang kurang adalah tombol navigasi yang memiliki ukuran lebih kecil (sekitar 1,5×1 cm), sehingga menyulitkan kami melakukan navigasi seperti PageUp dan PageDown dengan cepat.

Netbook ini sendiri menggunakan prosesor Intel Atom N455 (satu inti, 1,66 GHz). Ketika sebagian netbook sudah menggunakan Atom N550 yang memiliki dua inti, penggunaan Atom seri lawas tersebut memang sedikit mengurangi daya tarik netbook ini. Untungnya hal tersebut dikompensasi dengan performa yang cukup gegas, setidaknya jika dibandingkan dengan netbook sekelas seperti Metsys Mini PC S40. Zyrex Sky LM1211 ini sendiri dapat bertahan sekitar 3 jam saat memutar teks secara terus-menerus, yang terbilang standar untuk netbook masa kini

Layar 10,1 inci, 1024×600 pixel
Prosesor Intel Atom N455 (1,66GHz, single core, 512MB L2 cache)
Memori 1GB DDR3-553 (1 dari 2 slot)
Chipset Intel NM10
Kartu Grafis Intel GMA 3150 (356MB)
Harddisk 250GB, 5400rpm, SATAII (Samsung)
Kartu suara Realtek ALC272
Optical drive Tidak ada
Fasilitas WiFi a/g/n, Gigabit Ethernet, USB (3x), webcam, card reader
Sistem Operasi DOS
Baterai 24,42 Wh
Dimensi 26,7×18,2x(2-2,3) cm
Bobot 1,06 kg
Garansi 1 tahun
Situs Web http://www.zyrex.com
Harga kisaran* Rp.2.350.000 juta

Harga 2,35 juta

Harga belum termasuk ongkos kirim…

bila berminat, tinggalkan pesan atau send email to zdash_d@yahoo.com

, , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: